Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have (QSH) Disertai Speed Test Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Reni, Yuliati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10317/1/11050217%20RENI%20YULIATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10317/2/ABSTRAK%20-%202020-10-15T095103.527.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10317/3/BAB%20V%20-%202020-10-15T095129.366.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10317/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-15T095147.162.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dikelas XI IPA SMAN 6 Padang. Berdasarkan observasi, pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga mengakibatkan kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have ( QSH) disertai Speed Test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) disertai Speed Test lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Padang tahun pelajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir yang berbentuk essai yang reliabel. Teknik analisis data dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = lebih besar dari ttabel = 1,67, maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) disertai Speed Test lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.