Daftar Isi:
  • Penelitian dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang rendah, kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan siswa yang mudah lupa dengan konsep yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen , dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Solok Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes akhir berbentuk essay. Hasil analisis item menunjukkan soal tes akhir reliabel dengan harga Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t = 1,72 lebih besar dari pada sehingga tolak H0 dan terima H1, maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 5 Solok Selatan.