Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMPN 13 Padang belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis pemecahan masalah untuk materi luas dan keliling segiempat dan segitiga yang bertujuan untuk menyediakan bahan ajar yang bisa melatih siswa untuk menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis pemecahan masalah yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan desseminate. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis karakteristik siswa, dan analisis literatur. Tahap design yaitu merancang LKS berbasis pemecahan masalah. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS yang terdiri dari 2 kegiatan. Pada tahap develop dilakukan validasi LKS oleh 3 orang validator dengan mengisi angket validitas dan praktikalitas LKS dengan menyebarkan angket kepraktisan kepada guru dan siswa serta wawancara kepada siswa. Hasil uji validitas LKS berbasis pemecahan masalah menunjukkan bahwa LKS berbasis pemecahan masalah pada kategori sangat valid dengan nilai akhir keseluruhan 89%. Hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis pemecahan masalah pada kategori sangat praktis yaitu 84,3% dan hasil uji praktikalitas dengan guru pada kategori sangat praktis yaitu 83,75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pemecahan masalah pada materi luas dan keliling segiempat dan segitiga sangat valid dan sangat praktis.