Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa banyak yang berada di bawah KKM. Hal ini terlihat pada hasil belajar nilai ulangan harian I matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi active learning tipe rotating trio exchange lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016, kecuali siswa kelas XI IPA1 karena merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas sampel adalah XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05. Hasil uji hipotesis P-value = 0,002 lebih kecil dari α = 0,05 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi active learning tipe rotating trio exchange lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 9 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.