Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid berbasis problem based learning pada materi SPLDV untuk SMK kelas X. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas keterpakain LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kepraktisan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa LKS matematika pada materi SPLDV untuk SMK kelas X berbasis problem based learning. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Tahap disseminate belum dilakukan karena membutuhkan sampel yang banyak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen lembar validasi LKS pada ahli matematika, ahli pendidikan dan ahli kebahasaan untuk aspek kevalidan, dan instrumen angket praktikalitas LKS pada guru dan siswa untuk aspek kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan LKS memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata total penilaian validator adalah 81,9%. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru dan siswa memenuhi kriteria sangat praktis, sehingga produk yang dihasilkan dapat digunakan.