Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Trading Places Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah serta siswa kurang bertanya dan mengemukakan pendapat dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Trading Places lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Sutera. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sutera Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas . Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung = 2,76 dan = 1,675 dengan α = 0,05, Karena t hitung > maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Trading Places lebih baik terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Sutera.