Pengembangan Modul Berbasis Pendidikan Matematika Realistik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh buku teks di SMP Muhammadiyah 5 Padang belum memberikan kesempatan siswa menemukan kembali konsep matematika pada persoalan dunia riil dan memfasilitasi siswa belajar mandiri. Usaha yang dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul berbasis pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendidikan matematika realistik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), Pengembangan (Develop). Tahap pendefinisian terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis karakteristik siswa, analisis literatur, wawancara dengan guru. Tahap desain yaitu menganalisis kebutuhan dilanjutkan dengan perancangan modul bangun ruang sisi datar berbasis pendidikan matematika realistik. Kemudian pada tahap develop yaitu melakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 validator dengan mengisi lembar validasi. Selanjutnya pada tahap praktikalitas melakukan uji coba terbatas dengan instrumen yang digunakan adalah angket praktikalitas dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas modul berbasis realistik oleh validator menunjukkan bahwa modul berbasis realistik pada kriteria sangat valid. Selanjutnya hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa modul berbasis pendidikan matematika realistik sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar sudah valid dan praktis.