ctrlnum 103
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai</title><creator>Helci, G. Maundeng</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa kurang mampu memahami pembelajaran biologi pada materi protista sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Kondisi ini disebabkan karena proses pembelajaran yang pasif belum membangkitkan minat siswa dalam belajar dan rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran, meskipun sudah menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas X SMAN 2 Sipora Utara yang masih berada pada dibawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu model yang menuntut kreativitas siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen X.4 dan kelas kontrol X.3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap adalah berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Kompetensi sikap meliputi menghargai pendapat teman dan bertanggung jawab dapat dilihat dari rubrik penilaian yang dinilai oleh observer. Kompetensi ketrampilan dapat dilihat dari laporan diskusi yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung&gt;ttabel.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pada ranah afektif (sikap) siswa pada kelas eksperimen 89,39 (A) dan kelas kontrol 64,96 (C). Pada ranah kognitif (pengetahuan) didapatkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen 75,13&#xD; ( B), sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol 71,06(B). Pada ranah psikomotorik ( Ketrampilan) siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 81,43&#xD; (B) dan kelas kontrol 74,61 (B). Hasil uji hipotesis didapatkan bahwa bahwa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotorik hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa kelas X SMA 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.</description><date>2018-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/2/Kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/3/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/4/13010002%20HELCI%20G.%20MAUNDENG%20ok%20Flip.pdf</identifier><identifier> Helci, G. Maundeng (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat. </identifier><recordID>103</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Helci, G. Maundeng
title Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai
publishDate 2018
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/4/13010002%20HELCI%20G.%20MAUNDENG%20ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/103/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa kurang mampu memahami pembelajaran biologi pada materi protista sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Kondisi ini disebabkan karena proses pembelajaran yang pasif belum membangkitkan minat siswa dalam belajar dan rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran, meskipun sudah menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas X SMAN 2 Sipora Utara yang masih berada pada dibawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu model yang menuntut kreativitas siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen X.4 dan kelas kontrol X.3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap adalah berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Kompetensi sikap meliputi menghargai pendapat teman dan bertanggung jawab dapat dilihat dari rubrik penilaian yang dinilai oleh observer. Kompetensi ketrampilan dapat dilihat dari laporan diskusi yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pada ranah afektif (sikap) siswa pada kelas eksperimen 89,39 (A) dan kelas kontrol 64,96 (C). Pada ranah kognitif (pengetahuan) didapatkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen 75,13 ( B), sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol 71,06(B). Pada ranah psikomotorik ( Ketrampilan) siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 81,43 (B) dan kelas kontrol 74,61 (B). Hasil uji hipotesis didapatkan bahwa bahwa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotorik hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa kelas X SMA 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.
id IOS6178.103
institution STKIP PGRI Sumatra Barat
institution_id 169
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat
library_id 435
collection Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat
repository_id 6178
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6178
first_indexed 2019-05-09T05:42:49Z
last_indexed 2019-05-09T05:42:49Z
recordtype dc
_version_ 1685976340245774336
score 17.538404