Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa secara individu malas dan kurang memahami materi atau tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 7 Padang yang naik ke kelas XI MIA SMAN 7 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas XI MIA4 dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dan terpilih kelas kontrol adalah kelas XI MIA5 dengan menggunkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes uraian dengan reliabilitas r11= 0,767. Hasil analisis diperoleh rata-rata hasil tes akhir belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 80,55 sedangkan rata-rata hasil tes akhir pada kelas kontrol 70,19. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu arah sehingga diperoleh Maka hipotesis penelitian diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Jadi, hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIA SMAN 7 Padang tahun pelajaran 2015/2016.