Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakfokusan siswa dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan oleh ketidaksiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 17 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi Guided Note Taking lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung = 1,78 dan t tabel = 1.67 dengan α = 0,05, karena t hitung > t tabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note-Taking lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang tahun pelajaran 2015/2016”.