Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 28 Padang yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan pembelajaran aktif tipe Everyone Is a Teacher Here lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 28 Padang, kecuali kelas VIII3 karena merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0.899. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang tidak homogen pada taraf nyata = 0.05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2.011 dan ttabel = 1.711. Kesimpulan dari uji t adalah tolak H0, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMPN 28 Padang.