Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme Untuk Materi Perbandingan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Siswa belum mampu menemukan konsep dengan kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan nyata merupakan salah satu alasan untuk mengembangkan LKS. Bahan ajar yang efektif yang belum mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Buku teks yang ada hanya menyampaikan informasi dan belum mampu mengkonstruksikan pengetahuan siswa, sehingga siswa kurang memahami konsep materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa LKS yang valid dan praktis pada materi perbandingan di SMPN 1 Sutera. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Instruksional Development Institute (IDI) yang terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap penentuan (define), tahap pengembangan (develop), dan tahap evaluasi (evaluate). Tahap pengembangan dan tahap evaluasi tersebut dihubungkan dengan umpan balik untuk mengadakan revisi. Validitas dilakukan oleh 1 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika, dan 1 orang guru bahasa indonesia SMPN 1 Sutera. Uji validasi dilakukan dengan angket dan uji praktikalitas dilakukan dengan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis konstruktivisme oleh validator menunjukkan bahwa LKS berbasis konstruktivisme pada kriteria sangat valid yaitu dengan rata-rata 83.27%, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis masalah pada kategori sangat praktis yaitu 90.89% dan hasil uji coba oleh guru pada kriteria sangat praktis yaitu 85.42%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan sangat valid dan sangat praktis.