Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have dengan Tipe Learning Starts With A Question Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Muhammad, Fauzan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10293/1/11050061%20MUHAMMAD%20FAUZAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10293/2/ABSTRAK%20-%202020-10-13T102548.904.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10293/3/BAB%20V%20-%202020-10-13T102616.721.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10293/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-13T102640.361.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10293/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih relatif rendah dan siswa tidak berani bertanya pada guru hanya berani bertanya pada teman. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have dengan Learning Starts With A Question terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have Dengan Tipe Learning Starts With A Question Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Posttest-Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan dan yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah tes uraian. Hasil analisis butir soal diperoleh soal tes reliabel dengan reliabilitas tes adalah Berdasarkan pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t dua arah, diperoleh thitung = dan ttabel = karena thitung< ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have dengan Learning Starts With A Question pada siswa kelas VIII SMP N 3 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2015/2016.