Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Sijunjung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah yang terlihat dari hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 40 Sijunjung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa masih malu bertanya dan mengemukakan pendapat jika ditanya oleh guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 40 Sijunjung. Jenis penelitian adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-test and post-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 40 Sijunjung tahun pelajaran 2015/2016. Sampel merupakan kelas eksperimen adalah kelas IX. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Tes yang digunakan dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai dan dan > maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan