Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang terlaksana di MTsN Model Padang masih terpusat pada guru dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Model Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 sampai dengan kelas VIII13 MTsN Model Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII10 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essay. Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 3,78 dan ttabel = 1,67 dengan α = 0,05, karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional kelas VIII MTsN Model Padang.