Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, Siswa yang berkemampuan tinggi kurang mau berbagi pengetahuan dengan siswa yang berkemampuan rendah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 25 Sijunjung. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Sijunjung Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan sampel adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan reliabilitas r11 = . Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh dan ini lebih besar dari , maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Jadi pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.