Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung disertai Strategi Pembelajaran Aktif tipe Benar Salah Berantai terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Talaok Bayang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe benar salah berantai lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VIII2 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Bentuk tes adalah esai. Hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 6,09 dan lebih besar dari ttabel = 1,673 sehingga tolak H0 yang berarti terima H1, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe benar salah berantai lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Tahun Pelajaran 2015/2016.