Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai Numbered Heads (NH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko Kabupaten Mukomuko
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa belum terbiasa berdiskusi dan belajar secara berkelompok, serta siswa kurang aktif dan kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai Numbered Heads (NH) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mukomuko Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah Teknik analisis data menggunakan uji-t satu arah dan diperoleh thitung = dan ttabel = dengan α = 0,05. Jadi thitung > ttabel Sehingga disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai Numbered Heads (NH) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko.