Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah, siswa tidak mau bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan soal yang diberikan. Salah satu usaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran aktif tipe Question Student Have lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasinya seluruh siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk esai. Hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 70,35 dan kelas kontrol 58,33. Pengujian Hipotesis digunakan uji-t satu pihak diperoleh . Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajararan aktif tipe Question Student Have lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang.