Pengaruh Penerapan Pengajaran Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan

Main Author: Teti, Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1028/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1028/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1028/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1028/4/13050112%20TETI%20LESTARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1028/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan kurangnya keberanian siswa dalam bertanya atau menjawab pertanyaan guru dan siswa lebih banyak bertanya kepada teman sebaya yang dianggap pintar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pengajaran tutor sebaya lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Ampeh Hulu Tapan Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh thitung = 4,18 dan ttabel = 1.67. Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima pada taraf nyata α = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pengajaran tutor sebaya lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan.