Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Lucia, Devita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10279/2/10050216%20LUCIA%20DEVITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10279/1/ABSTRAK%20-%202020-10-13T085844.019.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10279/3/BAB%20V%20-%202020-10-13T085911.461.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10279/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-13T085927.985.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10279/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum bisa berbagi pengetahuan dengan baik dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/ 2016 yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, yang terpilih kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dengan menerapkan strategi aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif dan terpilih kelas kontrol adalah kelas VIII.3 dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan soal berbentuk essay. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen adalah− 59,05=0,009,sedangkan nilai rata-rata hasil tes akhir pada kelas kontrol adalah 45,07. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu arah sehingga diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.