Pengembangan Modul Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Bilangan Pecahan untuk Siswa Kelas VII SMPN 27 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang belum diawali dengan permasalahan realistik atau dunia nyata, serta belum membangun pengetahuan siswa dalam menemukan konsep, sehingga siswa hanya menghafal konsep yang disajikan. Berhubungan dengan itu, dikembangkan bahan ajar yang melibatkan siswa secara aktif. Bahan ajar yang dikembangkan adalah Modul berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas dan pratikalitas Modul berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model 4-D. Model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap Define, Design dan Develop. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis karakteristik siswa dan wawancara guru dan siswa. Tahap Design terdiri dari perancangan tahap evaluasi diri. Tahap develop mengembangkan modul dan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, intrumen yang digunakan untuk validitas yaitu intrumen lembar validasi dan intrumen pratikalitas menggunakan intrumen lembar pratikalitas, pedoman wawancara siswa dan lembar wawancara guru. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil validitas Modul berbasis Pendidikan Matematika Realistik pada kriteria sangat valid dengan persentase 83,3%. uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 91,5% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 90,7%. Dapat disimpulkan bahwa Modul berbasis Pendidikan Matematika Realistik pada materi Bilangan Pecahan sudah sangat valid dan sangat praktis.