Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 20 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak terbiasa berbagi pengetahuan dengan siswa lain, sehingga menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di SMPN 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 20 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel secara acak, kelas sampel yang terpilih adalah kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. uji hipotesis diterima, karena P-value = 0,000 lebih kecil dari = 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 20 Padang.