Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 4 Lengayang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 4 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Lengayang, sehingga terpilih kelas VIII.C sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis berbentuk essay, hasil analisis item menunjukkan soal tes akhir reliabel dengan r11=0,76 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pengujian hipotesis mennggunakan Uji Mann Witney dari hasil perhitunggan diperoleh Zhitung-25,17 ≤Ztabel 0,0060.Maka tolak H0 dan menerima H1, maka hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.