Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Siberut Selatan Kabupaten Mentawai
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Siberut Selatan Kabupaten Mentawai Tahun Pelajaran 2015/2016 pada ulangan harian matematika semester I siswa kelas VII. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, rancangan penelitian yang digunakan adalah random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Siberut Selatan Kabupaten Mentawai yang terdiri dari 6 kelas. Terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk esay yang reliable dengan reliabilitas= 0,517. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir diketahui bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh p-value = 0,001 lebih kecil dari taraf nyata (α = 0,05), maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Siberut Selatan Kabupaten Mentawai