Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas XI SMAN 16 Padang banyak di bawah KKM. Hal ini disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru dan siswa tidak mau bertanya dan mengemukakan pendapat tentang materi yang tidak dipahaminya. Salah satu usaha meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Questions Students Have. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan tipe Questions Students Have lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMAN 16 Padang. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMAN 16 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk esai dengan delapan butir soal. Berdasarkan analisis yang didapatkan nilai rata-rata tes akhir hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 78,85 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 71,34. Pengujian hipotesis menggunakan minitab dengan uji-t satu arah yang diterima pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh P-value 0,021 lebih kecil dari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Questions Students Have lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional kelas XI IPA SMAN 16 .