Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions and Getting Answer Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kelas VIII SMPN 10 Padang
Main Author: | Jetti, Jetti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10272/1/11050248%20JETTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10272/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T144459.242.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10272/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T144526.013.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10272/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-12T144544.448.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10272/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah di kelas VIII SMPN 10 Padang. Hal ini disebabkan oleh siswa hanya menerima konsep secara langsung dari guru dan siswa kurang berani untuk bertanya dan mengeluarkan gagasan yang mereka miliki di kelas. Salah satu usaha yang dilakukan adalah strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran Konvensional di kelas VIII SMPN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII.A terpilih sebagai kelas eksperimen dan VIII.B terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes= 0,92. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = lebih besar dari t(α=0,05)=1,668, maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Jadi dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 10 Padang.