Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 7 Padang
Main Author: | Jaliyar, Jaliyar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10271/1/11050234%20JALIYAR.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10271/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T144352.253.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10271/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T144419.053.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10271/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-12T144437.928.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10271/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Padang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa kelas kontrol lebih rendah dan beragam dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-satu pihak diperoleh dan , karena > maka uji hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 7 Padang.