Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 14 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Helvi, Suriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10268/1/11050284%20HELVI%20SURIANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10268/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T143949.960.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10268/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T144017.423.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10268/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-12T144104.488.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10268/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam belajar dan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan aktivitas belajar siswa selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran matematika di kelas XI IPS SMA Negeri 14 Padang dan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Padang, yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes akhir pemahaman konsep matematis siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan bantuan minitab. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Terbukti Grafik aktivitas siswa mengalami peningkatan disetiap pertemuan. Hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai P-value 0,011 artinya lebih kecil dari yaitu 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatio (TAI) lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPS SMAN 14 Padang.