Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, sebagian siswa tidak bisa duduk diam dan tenang dalam selang waktu yang lama, siswa lebih suka menyalin latihan dari temannya, dan siswa kurang berusaha dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan latihan yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapan teknik Quick On The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bonjol. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bonjol Kabupaten Pasaman tahun pelajaran 2014/ 2015 yang terdiri enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir dengan reliabilitas 0,73. α = 0,05Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogenα=0,05 pada taraf nyata. , Hasil uji hipotesis dengan uji t menggunakan software MINITAB diperoleh p-value = 0,011 kurang dari taraf nyata, maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan teknik Quick On The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Quick On The Draw ini bisa mendorong kerjasama siswa, meningkatkan tanggung jawab belajar siswa, siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran serta siswa dibiasakan belajar mandiri.