Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Talamau
Main Author: | Fuji, Meilani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10266/1/11050205%20FUJI%20MEILANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10266/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T143645.392.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10266/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T143714.495.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10266/4/KEPUSTAKAAN%20-%202020-10-12T143735.411.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10266/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi siswa dalam kelompok kurang maksimal dan hasil belajar matematika siswa rendah. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation) di kelas X SMAN 1 Talamau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 1 Talamau tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation) dan terpilih kelas kontrol adalah kelas dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes uraian dengan reliabilitas tes adalah 0,91. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen adalah 73,70, sedangkan nilai rata-rata hasil tes akhir pada kelas kontrol adalah 59,82. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak sehingga diperoleh P-value = 0,011 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.