Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih di bawah KKM di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memperhatikan guru menjelaskan pelajaran matematika dan siswa kurang berani bertanya kepada guru tentang materi yang tidak dipahami. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) . Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe QSH. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan reliabilitas tes 0,83. Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0,045. P-value < α yaitu 5, maka hipotesis penelitian diterima, yaitu hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang dengan penerapan pembelajaran aktif tipe QSH lebih baik daripada pembelajaran konvensional.