Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 8 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.1. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah dan = 0,576. > , maka soal uji coba reliabel dan layak untuk dijadikan tes akhir. = 0,825 Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan , hasil uji hipotesis diperoleh P-value=0,038 artinya lebih kecil dari= 0,05 , maka hipotesis penelitian diterima dengan pada kelas eksperimen = 0,05 dan pada kelas kontrol . Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran̅ kooperatif tipe Make= A59,1Match lebih̅ baik dari pembelajaran=45,0konvensional siswa kelas VIII SMPN 8 Sijunjung.