Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat atau gagasan, serta rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Talking Stick terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan One Shot Case Study. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 5 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI E 1 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh 1 = 2,18 dan