Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Quick On The Draw Terhadap Pemahaman konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Solok Selatan
Main Author: | Egi, Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10252/1/10050170%20EGI%20PRATAMA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10252/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T141027.388.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10252/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T141052.656.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10252/4/DAFTAR%20RUJUKAN%20%2813%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10252/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan motivasi siswa kurang, hal ini disebabkan karena proses pembelajaran membosankan dan tidak menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teknik Quick On The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Solok Selatan. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas 0,886. Analisis data dilakukan dengan uji t satu pihak pada taraf nyata (α) = 0,05 dengan bantuan sofware MINITAB. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,001 lebih kecil dari taraf nyata (α = 0,05), maka tolak H0. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Quick On The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Solok Selatan.