Pengaruh Penerapan Strategi pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts with a Question (LSQ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah serta minat siswa dalam bertanya masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts with a Question (LSQ) lebik baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman Tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk tes esai dengan reliabilitas tes r11 =0,97. Data yang diperoleh 1,72 1,69 = 0,05. dianalisis dengan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen dengan Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = lebih besar dari ttabel = , karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran aktif tipe Learning Starts with a Question (LSQ) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional.