Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang bertanggung jawab terhadap tugas atau latihan yang diberikan oleh guru, pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Teknik Bisnis Berisiko lebih baik dari pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 20 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai, analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 1,94 dan ttabel = 1,67 dengan α = 0,05, karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Teknik Bisnis Berisiko lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 20 Padang.