Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan pada saat guru memberikan latihan sebagian besar siswa hanya menyalin pekerjaan teman yang berkemampuan tinggi tanpa berusaha untuk memahami jawaban yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 5 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan model rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Lubuk Alung. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VIII1 dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah esai, Reliabel tes adalah 0.95. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data P-value = 0.039, nilai P-value yang diperoleh lebih kecil dari α, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Synergetic Teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 5 Lubuk Alung. Rata-rata kelas eksperimen adalah 77.49 dan kelas kontrol adalah 62.76.