Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh LKS yang kurang mendukung siswa untuk belajar menemukan konsep secara mandiri dan bahan ajar yang digunakan belum mampu membantu siswa untuk mengkonstruksi konsep matematika dengan baik. Hal ini terlihat dari cara penyajian LKS yang digunakan siswa kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis discovery learning pada materi trigonometri yang valid. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan rancangan Plomp yang terdiri atas 3 fase, yaitu preliminary research, prototyping phase dan assesment phase. Metode evaluasi yang digunakan mengacu kepada rancangan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi diri dan tinjauan ahli. Tinajauan ahli dilakukan oleh dosen Matematika, guru Matermatika dan guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 13 Padang. Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai prototyping phase yaitu sampai tahap tinjauan ahli. Preliminary research terdiri atas analisis silabus, analisis buku dan melakukan wawancara dengan guru dan siswa. Pada pembuatan prototipe dilakukan perancangan LKS. Selanjutnya pada prototyping phase dilakukan tinjauan ahli. Data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif dengan cara persentase, sedangkan data kualitatif diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria valid yaitu 75,78% ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, serta bahasa dan keterbacaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi trigonometri yang dikembangkan valid.