Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Contract yang dikolaborasikan dengan Giving Question and Getting Answer Terhadap Pemahaman Konsep Matematis siswa Kelas VIII SMPN 22 Sijunjung

Main Author: Ayu, Wandira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10241/1/11050093%20AYU%20WANDIRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10241/2/ABSTRAK1%20-%202020-10-12T135557.614.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10241/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T135623.958.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10241/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-12T135644.440.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10241/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah, siswa kurang berusaha mengerjakan latihan sendiri serta tidak percaya diri dalam bertanya ataupun mengeluarkan pendapat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran Learning Contract yang dikolaborasikan dengan Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa dengan menerapkan pembelajaran Learning Contract yang dikolaborasikan dengan Giving Question and Getting Answer lebih baik dari pada pemahaman konsep siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 22 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Sijunjung tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 72,43 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 61,73. Hasil statistik uji t diperoleh thitung=2,29 dan ttabel=1,67, sehingga thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Learning Contract yang dikolaborasikan dengan Giving Question and Getting Answer lebih baik dari pemahaman konsep siswa pada pembelajaran konvensional siswa VIII SMPN 22 Sijunjung.