Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Seprina, Mulianis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1024/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1024/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1024/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1024/4/11010034%20SEPRINA%20MULIANIS.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1024/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan belum terlihat kerja sama antar siswa. Proses pembelajaran cendrung berpusat pada guru dan kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung pasif. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa, ini terlihat dari rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sutera yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Tipe Examples Non Examples terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II di SMAN 2 Sutera yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas X2 (kelas eksperimen) dan kelas X4 (kelas kontrol). Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh berupa ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes akhir didapatkan nilai rata-rata pada tes akhir kelas eksperimen yaitu 57,47 dan kelas kontrol 49,29. Dengan uji-t didapatkan nilai thitung = 1,54, sedangkan nilai Ftabel = 1,67, maka thitung < ttabel ini menunjukan H0 ditolak atau hipotesis ditolak. Pada ranah Afektif kelas eksperimen didapatkan nilai 3,21 dengan predikat B, pada kelas kontrol didapatkan nilai 3,00 dengan predikat B kedua kelas sampel relatif sama berada pada predikat B. Pada penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan nilai 2,94 dengan predikat B, pada kelas kontrol didapatkan nilai 2,91 dengan predikat B kedua kelas sampel relatif sama berada pada predikat B. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examples tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi Tumbuhan (Plantae) kelas X di SMA Negeri 2 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017.