Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMKN 4 Padang
Main Author: | Asni, Asni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10238/1/11050008%20ASNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10238/2/ABSTRAK1%20-%202020-10-12T135344.196.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10238/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T135409.654.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10238/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-12T135426.661.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10238/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas X SMKN 4 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa kurang mau berbagi informasi pengetahuan. Rasa tanggung jawab, disiplin, gotong royong serta peduli yang kurang dalam belajar. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas X SMKN 4 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas X.Akuntansi B sebagai kelas eksperimen dan X.Pemasaran B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan non tes yang terdiri dari lembar observasi dan angket. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah 0,84. Berdasarkan hasil analisis data, sikap siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Rata-rata nilai sikap tanggung jawab, disiplin, gotong royong dan peduli dari keempat pertemuan adalah 3.30, 3.20, 3.33 dan 3.07. Hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil belajar siswa kelasα= eksperimen0,05 74,03 dan kelas kontrol 62,57. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0.014. P-value < α yaitu , maka hipotesis penelitian diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Jadi, hasil belajar matematika siswa kelas X SMKN 4 Padang dengan penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons lebih baik dari pada pembelajaran biasa.