Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bernalar dan berkomunikasi matematis siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bernalar dan berkomunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads lebih baik dari kemampuan bernalar dan berkomunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, karena populasi berdistribusi normal, memiliki variansi yang homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Yang terpilih sebagai kelas sampel adalah XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman komunikasi matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh =2,96 dan maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan bernalar dan berkomunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads lebih baik dari pada kemampuan bernalar dan berkomunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang.