Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang menarik bagi siswa yang mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang maksimal. Untuk itu dirancang suatu media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan pendekatan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Pada Pokok Bahasan Lingkaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yang dikembangkan. Media pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dalam penelitian ini mengikuti prinsip-prinsip utama dalam realistik yaitu : (1) didominasi oleh masalah-masalah dalam konteks, (2) pengembangan model, situasi, skema dan simbol, (3) sumbangan dari para siswa, (4) interaktif dan (5) interwinning. Model pengembangan berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terbagi dalam 5 tahap yaitu : (1) tahap analisis (Analysis), (2) tahap perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Development), (4) tahap implementasi (Implementation) dan (5) tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung rerata angket validasi dan praktikalitas yang selanjutnya di deskripsikan. Validasi dilakukan oleh 4 orang validator. Uji praktikalitas dilakukan pada kelompok kecil. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan pendekatan matematika realistik ini sangat valid ditinjau dari aspek isi materi, penyajian, bahasa dan keterbacaan. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa media ini sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis komputer pada pokok bahasan lingkaran dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.