Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme untuk Materi Sistem Koordinat pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 31 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengkonstruksi konsep, sumber belajar yang mampu memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri masih kurang, dan siswa sulit memahami materi tentang sistem koordinat. Untuk mengatasi masalah ini, maka dikembangkan modul berbasis konstruktivisme untuk materi sistem koordinat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul berbasis konstruktivisme yang valid dan praktis di SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap develop dilakukan untuk validasi dan praktikalitas modul. Modul divalidasi oleh pakar matematika dan pakar bahasa. Setelah direvisi berdasarkan saran dan masukan dari para ahli diperoleh modul yang valid. Modul yang sudah valid selanjutnya diuji cobakan kepada enam orang siswa dan dua orang guru matematika SMPN 31 Padang. Hasil uji validitas modul berbasis konstruktivisme oleh validator menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme pada kriteria sangat valid yaitu 87,5 aspek materi, 88,34 aspek penyajian, 91,67 aspek bahasa dan keterbacaan, dan 88,89 aspek kegrafikan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme dikategorikan sangat praktis yaitu 90,63 dan 89,58 ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan modul, waktu yang diperlukan, mudah diinterprestasikan dan memiliki ekivalensi yang sama. Dapat disimpulkan modul berbasis konstruktivisme pada materi sistem koordinat kelas VIII SMPN 31 Padang sudah sangat valid dan sangat praktis.