Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe True or False Statement terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Anita, Maharani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10230/1/11050233%20ANITA%20MAHARANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10230/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T113801.869.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10230/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T113844.394.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10230/4/KEPUSTAKAAN%20%2898%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10230/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang fokus saat guru menjelaskan materi serta kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran aktif Tipe true or false statement lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VIII4 sebagai kelas eksperimen dan VIII5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Bentuk tes adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,86. Analisis data yang digunakan adalah uji t berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,79 dan ini lebih besar dari ttabel = 1,68 sehingga tolak H0, maka hipotesis pada penelitian ini diterima dan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran aktif tipe true or false statement lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. satu arah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel