Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Toghether (NHT) Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang

Main Author: Ainul, Mardiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10228/1/11050220%20AINUL%20MARDIAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10228/2/ABSTRAK%20-%202020-10-12T112516.653.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10228/3/BAB%20V%20-%202020-10-12T112557.920.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10228/4/DAFTAR%20RUJUKAN%20%2810%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10228/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan siswa hanya mencatat serta pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togother (NHT) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas dan tes akhir belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh peningkatan aktivitas siswa pada setiap pertemuan kecuali aktivitas mengemukakan pendapat pada pertemuan satu dan dua. Nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol, sedangkan simpangan baku lebih tinggi kelas kontrol dari pada kelas eksperimen. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji t-satu pihak diperoleh = 3,29 dan = 1,960 karena > maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional dan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kecuali aktivitas mengajukan pendapat pada pertemuan satu dan dua di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang.