Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri dan menemukan konsep sendiri. Bahan ajar yang ada belum membantu siswa untuk menemukan konsep sendiri. Oleh sebab itu, dikembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis konstruktivisme pada materi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu define, Design, Develop, dan desseminate. Pada penelitian ini tahap penelititian dibatasi sampai tahap develop yaitu validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 3 validator untuk melihat materi/isi, penyajian, bahasa, serta kegrafikaan. Uji praktikalitas diujicobakan pada 1 guru dan 6 orang siswa dengan menggunakan angket dan pedoman wawancara untuk melihat kemudahan penggunaan, waktu, mudah diinterpretasikan, dan memiliki ekivalensi yang sama. Hasil validitas LKS berbasis konstruktivisme secara keseluruhan menunjukkan LKS berbasis konstruktivisme valid dengan persentase 80%. Hasil Praktikalitas LKS terhadap guru secara keseluruhan menunjukkan LKS sangat praktis yaitu 90%. Hasil Praktikalitas LKS terhadap siswa secara keseluruhan menujukkan LKS sangat praktis yaitu 88%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis konstruktivisme pada materi peluang valid dan sangat praktis.