An Analysis Of English Teachers’ Interpersonal Communication In Teaching And Learning Process At Sman 2 Lubuk Alung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang komunikasi guru bahasa Inggris dalam proses belajara mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe komunikasi interpersonal yang digunakan guru bahasa Inggris, dan juga untuk menggambarkan komunikasi interpersonal guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar, yang dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan teori Suranto (2011) yang membagi tipe komunikasi interpersonal menjadi tiga bagian yaitu: (1) communication between two people, (2) group communication, (3) interview, serta empat indikator komunikasi yang efektif yang diambil dari teori Brantle dan Miller (2012) yaitu: (1) Courtesy, (2) Clarity, (3) Conciseness, (4) Compliteness. Jumlah partisipan pada penelitian ini adalah 2 orang guru bahasa Inggris di SMAN 2 Lubuk Alung. Data dikumpulkan melalui video, untuk menambah informasi peneliti menggunakan field note. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa ad dua tipe komunikasi interpersonal yang digunakan guru bahasa inggris pada proses belajar mengajar yaitu communication between two people dan group communication, dan juga ditemukan guru menerapkan indikator – indikator komunikasi yang efektif berdasarkan teori Brantle dan Miller.