Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemberian penguatan yang di berikan guru bahasa Inggris terhadap interaksi siswa dalam pembelajaran speaking dan apa tipe penguatan yang sering di gunakan guru dalam proses pengajaran speaking. Partisipan dalam penelitian ini adalah 5 guru bahasa Inggris SMP N 7 Padang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket dan observasi sebagai alat pengumpul data. Setelah menganalisa data yang di peroleh dari angket dan observasi, hasil penelitian ini mengatakan bahwa tipe penguatan yang paling sering di implementasikan oleh guru bahasa Inggris dalam kelas pengajaran speaking adalah guru bahasa Inggris menggunakan ke 2 tipe penguatan di dalam proses pengajaran speaking, namun tipe Non Verbal Reinforcement lebih banyak ditemui selama pengajaran speaking berlangsung di SMP N 7 Padang, peneliti menemukan bahwa tipe penguatan Non Verbal Reinforcement dengan persentase 100%, berdasarkan kriteria persentase yang dikemukakan oleh Riduwan dengan kategori Always Implemented..Dengan memberikan penguatan dalam proses pembelajaran dapat membuat siswa lebih termotivasi dalam setiap aktifitas khususnya dalam proses pembelajaran Speaking. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan untuk para peneliti selanjutnya yang akan melakukan kajian tentang tipe penguatan yang di berikan guru dapat melakukan implementasi dari tipe penguatan yang di berikan guru di dalam kelas.